Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Jasa

Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Jasa


Baru-baru ini di indonesia telah dihebohkan dengan adanya jasa layanan antar jemput atau sarana transfortasi atau sering disebut dengan Ojek Online. tujuan diadakanya ojek online tentunya untuk memudahkan masyarakat bagi yang ingin bepergian. caranya yaitu anda dapat mengakses situs online layanan antar jemput dikota anda kemudian anda menghubunginya dan anda akan diantar atau dijemput dengan sesegera mungkin.

Dari deskripsi singkat di atas, hal tersebut sudah mencerminkan bahwa ada pemanfaatan teknologi informasi yang berhubungan dengan sektor jasa. dimana ketika kita hendak bepergian, kita cukup hubungi contact person ojek online maka agen ojek online tersebut akan datang. ada juga contoh lain tentang pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang jasa lainya adalah sebagai berikut.

Pertama, Dalam Dunia Perbankan. ketika kita datang ke sebuah bank kemudian kita menyimpan sejumlah uang kemudian bank akan menyimpan atau mengelola uang tersebut, kemudian bank akan memberikan kita sebuah kartu ATM dimana fungsi dari kartu ATM tersebut yaitu dapat memudahkan kita untuk melakukan berbagai macam transaksi keuangan seperti penarikan tunai, transfer, isi ulang, pembayaran cicilan melalui mesin ATM kapanpun dan dimanapun. 

Kedua, Dalam Bidang Jasa Transfortasi. saat kita hendak bepergian ke tempat yang kita inginkan misalkan keluar kota, pulau ataupun luar negeri baik itu melalui angkutan darat, laut ataupun udara. misal disaat waktu yang kebetulan terdesak yang memungkinkan kita harus pergi ke luar pulau misalnya. tentu kita perlu sebuah tiket untuk pergi kesana dengan sesegera mungkin. caranya mudah, kita hanya perlu membuka situs perusahaan jasa transfortasi misalkan situspenerbangan.com, nantinya akan ada lanyanan pemesanan tiket misal Tiket ke Pulau A harga Rp. 800.000,- kemudian anda pesan. pada jasa transfortasi lainya ada juga jasa pengiriman barang, dimana pengirim dapat mengirim barang dari kota A ke kota B melalui perusahaan jasa pengiriman, pengirim juga dapat mengecek melalui internet dengan no resi dan memastikan apakah barang yang kita kirim sudah sampai atau masih diperjalanan.

Ketiga, Jasa Designer. ada berbagai situs yang memberikan jasa pada sektor ini misalkan seperti Web Design, Logo, Poto Editor dan Jasa Design lainya. 

Keempat, Tour and Travel, dengan bantuan situs internet yang berupa website, banyak pelaku usaha jasa Tour and Travel memanfaatkan internet sebagai sarana untuk mempromosikan wisata di daerah tertentu, sehingga akan menarik minat para tourist lokal maupun asing untuk berlibur dan menggunakan jasa mereka sebagai Tour Guide. para tourist juga tidak perlu bingung dimana akan tinggal saat berwisata, karena bisanya Tour Agent akan menyertakan hotel pada sebuah paket wisata.

Kelima, Advertiser atau Jasa Pemasangan Iklan. sebagai salah satu strategi untuk menjual produk yang kita pasarkan tentu perlu adanya promosi. cara tersebut salah satunya dapat dilakukan dengan memasang iklan dalam bentuk banner di internet, sebuah website dengan jumlah pengunjung yang berlimpah biasanya menyediakan jasa pemasangan iklan. dengan jumlah pengunjung serta respon dari pengguna internet dengan jumlah banyak. maka secara langsung akan menarik minat para pelaku bisnis untuk memasang iklan di situs tersebut.

Itulah contoh pemanfaatan teknologi informasi pada sektor usaha jasa dimana konsumen akan dapat dengan mudah memperoleh informasi serta jasa yang dibutuhkan, sedangkan perusahaan akan dapat dengan mudah memberikan informasi seputar jasa dan hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan prima bagi konsumen kapanpun dan dimanapun.


0 Response to "Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Jasa"