Teknologi Yang Mungkin Ada Di Masa Depan

Teknologi Yang Mungkin Ada Di Masa Depan

Jika melihat perkembangan teknologi sampai saat ini seperti tidak ada matinya, bukan hal mustahil jika kita membayangkan seperti apa dan bagaimana teknologi di masa depan nanti. mari kita sedikit flasback pada cerita masa lalu, pada jaman dahulu manusia hanya dapat berkomunikasi melalui surat, namun seiring dengan berkembangnya teknologi yang masuk ke negara kita, sekarang kita dapat berkomunikasi dengan seseorang melalui telepon bahkan kita juga dapat bertatap muka secara langsung atau yang disebut dengan video call.

Ada cerita lagi, pada jaman dahulu manusia hanya dapat memperoleh informasi lewat stasiun radio ataupun koran, sekarang kita dapat memperoleh informasi lewat media televisi, internet, dll. ditambah lagi pada jaman dahulu manusia bekerja serba manual sehingga pekerjaan terkesan lambat, namun dengan bantuan komputer sekarang manusia dapat bekerja dengan cepat dan praktis. jadi pada intinya selama manusia dapat berinovasi dan memiliki tuntutan yang lebih akan perkembangan teknologi maka bukan tidak mungkin jika teknologi di masa depan akan semakin mutakhir.

Semakin jauh orang berpikir maka semakin tinggi pula akan keinginan seseorang untuk mewujudkan apa yang akan ia ciptakan menjadi suatu hal yang menakjubkan meski hal tersebut dianggap tidak masuk akal oleh sebagian orang. tetapi dengan modal ilmu pengetahuan serta keahlian yang ia miliki, ia selalu berusaha keras untuk mencipatakan suatu hal hingga akhirnya terwujud. kemudian semua orang berdiri dan mengatakan bahwa "You Are Genius".

Jika kita sudah mengetahui bahwa pada saat ini saja teknologi sudah sangat canggih, lalu bagaimana yang yang terjadi di masa depan nanti ? Berikut adalah Teknologi Yang Mungkin Ada Di Masa Depan.

1. Mind Reading Technology

Sebuah proyek yang dibuat oleh sekelompok ilmuan komputer di Universitas Of California Los Angeles (UCLA), mereka meneliti bagaimana membuat komunikasi langsung antara otak dengan perangkat komputer. Tujuanya adalah membuat suatu peralatan yang praktis, sehingga manusia dapat menjalankan komputer cuma dengan menggunakan pikiranya. jika ini berhasil, banyak orang yang akan terbantu seperti orang-orang yang cacat secara fisik dimana syaraf motoriknya tidak dapat berfungsi dengan baik. namun otak dan pikiranya masih berfungsi dengan normal dan dapat memanfaatkan antar muka ini agar hidup mereka jauh lebih baik. bukan hanya itu saja, jika ini berhasil maka kehidupan umat manusia akan menjadi lebih praktis dan efisien.

2. Space Elevator

Pernahkah kita membayangkan jika kita dapat berkunjung ke luar angkasa, dan apakah mungkin hal itu dapat terwujud ? 
Ada sebuah teknologi yang mungkin saja bakal ada di masa depan dimana akan membawa kita ke luar angkasa. Space Elevator sebuah tangga atau Lift Luar Angkasa yang di desain khusus untuk sebuah perjalanan ke luar angkasa namun tidak menggunakan roket. 
Konsep Lift luar angkasa ini berawal dari ide seorang ilmuan Rusia Konstantin Tsiolkovsky yang pada tahun 1985 mengajukan struktur kompresi atau yang disebut Menara Tsiolkovsky. Lift luar angkasa juga kadang disebut elevator luar angkasa, jembatan luar angkasa, tangga menuju luar angkasa, menara orbit atau elevator orbit.
Teknologi saat ini tidak mampu menciptakan struktur yang kuat namun juga ringan untuk lift luar angkasa. hal ini disebabkan total massa untuk konstruksi jika menggunakan bahan konvensional terlalu besar. konsep rencana terbaru dari pembuatan lift luar angkasa ini adalah penggunaan bahan berbasis karbon nanotube. bahwa telah diketahui kekuatan bahan karbon nanotube dalam sekala mikroskopis sangatlah kuat jika dibandingkan dengan bahan lainya yang telah ada sehingga secara teoritis dapat dipakai untuk pembuatan lift luar angkasa. Material terbaru dapat digunakan ke tempat lain di tata surya yang memiliki gravitasi yang lebih lemah daripada Bumi seperti Mars dan Bulan.


0 Response to "Teknologi Yang Mungkin Ada Di Masa Depan"