Cara Menggunakan Android Device Manager

Cara Menggunakan Android Device Manager




Android Device Manager merupakan sebuah aplikasi yang dirilis oleh google yang dirancang khusus untuk ponsel android, dimana pada intinya aplikasi ini dibuat agar dapat membatu melidungi ponsel android menjadi aman yaitu dapat menemukan smartphone yang hilang, dapat mengunci dan mereset password dari jarak jauh dan juga dapat menghapus data yang terdapat pada memori smartphone tersebut.


Selain fungsi dari aplikasi Android Device Manager, tentunya anda bertanya-tanya tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut ? ada bebrapa cara atau tujuan tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi ini, misalnya seperti ketika anda kehilangan smartphoe anda karena dicuri atau lupa dimana anda menyimpan smartphone yang anda miliki. sebagai contohnya mungkin kita dapat mengambil dari beberapa kasus tentang bagaimana cara penggunaanya, sebelum membahas tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut, tentunya kita perlu mengaktivkan aplikasi ini terlebih dahulu. caranya yaitu anda masuk ke menu Setting - Security - Device Administrators, dan berikut adalah Cara Menggunakan Android Device Manager.

Menemukan Smartphone yang dicuri dengan menggunakan aplikasi Android Device Manager
Dalam kasus ini, anggaplah seolah-olah smartphone anda telah dicuri oleh seseorang dan anda tidak mengetahui dimana keberadaan smarthone anda. untuk mencari tahunya yaitu dengan cara menggunakan fitur pencarian lokasi smartphone yang ada pada Android Device Manager. berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Buka halaman android.com/devicemanager kemudian anda login dengan menggunakan akun yang sama dengan akun smartphone yang hilang.
  • Jika anda memiliki lebih dari satu perangkat android, maka pilih nama perangkat yang hilang dan menunya terletak disamping nama perangkat berupa panah.
  • Kemudian secara otomatis Android Device Manager akan menampilkan lokasi smartphone yang hilang pada peta Google Map.  

Menemukan Smartphone yang lupa menyimpan dengan aplikasi Android Device Manager
Mungkin kebanyakan pada kondisi inilah yang sering kita alami yaitu kita sering lupa menyimpan smartphone sehingga kita sering dibuat bingung mencari dimana kita terakhir kali menyimpan smartphone tersebut. untuk kasus seperti ini, beikut adalah langkah-langkah bagaimana cara menggunakan aplikasi Android Device Manager.

  • Buka halaman yang sama seperti diatas lalu login dengan menggunakan akun yang digunakan pada smartphone yang hilang.
  • Pilih nama perangkat yang hilang, menu terletak disamping nama perangkat berupa panah.
  • Klik menu atau icon Ring, maka secara otomatis smartphone anda akan berdering dengan maksimum selama 5 menit meski pada sebelumnya disetting senyap.

Mengubah Password dengan Android Device Manager
Kembali ke kasus tentang smartphone yang hilang karena dicuri, untuk menjaga agar password tidak dapat diubah oleh sipencuri, sehingga orang tersebut tidak dapat menggunakan smartphone tersebut ketika anda sudah tahu keberadaan atau lokasi dimana smartphone tersebut berada. beikut adalah langkah-langkahnya.

  • Buka halaman yang sama seperti di atas dan login dengan akun yang sama.
  • Pilih nama perangkat yang hilang.
  • Klik menu atau icon Kunci, kemudian setting dengan password yang baru untuk membuka smartphone anda.
Menghapus data dengan Android Device Manager
Untuk menjaga sipelaku tidak membuka atau mengotak-atik data yang ada pada smartphone tersebut, maka lakukanlah penghapusan data pada smartphone tersebut, berikut adalah cara penggunaanya.

  • Buka halaman yang sama seperti di atas dan login dengan menggunkan akun yang sama dengan smartphone tersebut.
  • Pilih perangkat yang hilang dan menunya sama seperti di atas.
  • Klik menu atau icon Hapus,  maka secara otomatis data yang ada pada smartphone tersebut akan terhapus.

Sekian tentang Fungsi dan Cara penggunaan aplikasi Android Device Manager, jagalah smartphone anda selalu dan berhati-hatilah, semoga bermanfaat.

 

0 Response to "Cara Menggunakan Android Device Manager"