JavaScript


Pengertian JavaScript, JavaScript merupakan sebuah bahasa pemrograman yang ditapsirkan bahwa sebagian besar digunakan untuk mengubah halaman web yang statis menjadi sebuah halaman web yang dinamis dan interaktif setelah web browser telah selesai mendownload sebuah halam web. Desain javascript iru sendiri dipengaruhi oleh banyak bahasa pemrograman termasuk C. tetapi dimaksudkan untuk untuk lebih di gaunakan oleh non-pemrograman.
JavaScript seringkali disertakan dalam file HTML atau link dari file HTML dan dijalankan secara lokal oleh web browser dan ini berarti bahwa server bebas untuk mengerjakan sesuatu yang lain dari pada permrosesan intruksi untuk setiap klien. hal ini telah membuat javascript pilihan yang lebih populer dari bahasa yang memerlukan server untuk melakukan pemrograman.
Ada bebrapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan javascript yang diantaranya adalah javascript bersifat case sensitive yang artinya javascript membedakan hurup besar dan hurup kecil. hal ini sama dengan bahasa pemrograman C++ dimana hurup "A" tidak sama dengan hurup "a". dapat kita ambil sebagai sebuah contoh bahwa fungsi perintah var tidak boleh ditulis Var  dan begitu juga dengan tulisan VAR (Hurup Besar Semua). jadi yang benar adalah harus ditulis dengan hurup kecil semua "var".

Perbedaan Java dan JavaScript, Melihat hubungan atara java dan javascript, memang kalau diihat dari nama memang sama atau mirip. tetapi kalau dilihat dari hubungan antara keduanya itu hampir tidak ada hubungan selain dari sintak antara dua bahasa. namun ada sebuah perbedaan yang dapat dilihat dari keduanya yaitu pemrograman java dapat berjalan pada mesin virtual seperti video game, tablet dan berbagai macam mesin pencari seperti Mozilla firefox, Google chrome, Opera, Safari dan Internet Exploler. sedangkan untuk javascript itu sendiri hanya dapat berjalan pada penjelajah web saja. java merupakan sebuah bahasa pemrograman berorientasi objek murni. sedangkan untuk javascript digunakan secara prosedural. kalau dilihat dari segi teknisnya juga terdapat sebuah perbedaan antara java dan javascript. java adalah bahasa diketik statis yang membutuhkan deklarasi semua variabel dan jenis mereka. namun sebaliknya javascript "longgar" bahasa diketik, memungkinkan varibel yang akan digunakan tanpa deklarasi sebelumnya.



0 Response to "JavaScript"