Cara Merawat Harddisk Eksternal Agar Tetap Awet

Cara Merawat Harddisk Eksternal Agar Tetap Awet

Pada kesempatan kali ini, kita akan sedikit sharing tentang bagaimana cara merawat harddisk eksternal dengan baik. sedikit cerita pada masa lalu, dahulu pernah ada sebuah alat penyimpan file yang pertama saya kenal adalah disket pada kisaran tahun 90an dan pada awal tahun 2000an. pada jaman dahulu hampir semua komputer menggunakan alat penyimpanan file ini. namun disket tidaklah mampu menyimpan file dengan jumlah banyak karena hanya berkapasitas 1.44 MB. 

Namun seiring dengan majunya perkembangan teknologi maka munculah alat penyimpanan file baru yaitu Flash Disk dengan kapasitas yang berbeda-beda mulai dari 1 GB sampai dengan 32 GB pada saat ini. setelah itu munculah alat penyimpanan baru yang lebih besar lagi yang kita ketahui adalah Harddisk Eksternal dengan kapasitas mulai dari 320 GB sampai dengan 1 TB. namun agar harddisk eksternal anda tetap awet, anda harus dengan pintar merawat harddisk ekternal tersebut.

Ada berbagai cara bagaimana merawat harddisk eksternal agar terus awet. caranya mudah saja dan tentunya anda harus melakukan poin-poin penting tentang bagaimana cara merawatnya. berikut adalah Cara Merawat Harddisk Eksternal Agar Tetap Awet. 

1. Gunakan Opsi "Safe Remove Hardware"
Setelah anda menggunakan harddisk eksternal pada PC jangan asal cabut saja, namun jangan lupa selalu gunakan opsi "Safe Remove Hardware" fungsinya dengan menggunakan opsi ini maka semua data yang ada pada cache memory akan terhapus sehingga data yang ada pada harddisk tidak akan mengalami kerusakan pada saat mencabut kabel USBnya. meski opsi ini sering di anggap sepele oleh kebanyakan pengguna, namun hal ini sangat penting karena apabila tidak dilakukan dampaknya sering terjadi gagalnya penulisan data yang dapat menyebabkan master Boot Record rusak dan menyebabkan harddisk harus di format ulang.

2. Letakan Pada Posisi Yang Stabil dan Jauhkan Dari Benda Yang Bermagnet
Pada saat menggunakan harddisk, letakanlah harddisk pada posisi yang benar-benar stabil atau pada bidang yang rata, jangan letakan pada tempat yang memiliki getaran ataupun pada benda yang memiliki medan magnet, karena hal tersebut akan menyebabkan gesekan pada piringan harddisk dan akan merusak sistem kinerja harddisk tersebut.

3. Jangan Sampai Terkena Cairan atau Air
Pada saat anda menggunakan laptop, apabila disekitar laptop anda terdapat air minum. berhati-hatilah jangan sampai air tersebut tumpah apalagi sampai terkena harddisk. karena Air merupakan musuh bagi benda-benda elektronik.

4. Penataan File Yang Baik
Tatalah berbagai macam file yang ada pada harddisk, alangkah baiknya jika meletakan file pada sebuah folder sesuai jenisnya. apabila terdapat file yang sekiranya tidak perlu, maka hapuslah file tersebut.

5. Maintenance Harddisk
Perihalalah harddisk eksternal anda terutama dari serangan-serangan virus yang dapat menyebabkan kinerja harddisk anda menjadi tidak bagus. caranya anda lakukan scan secara berkala menggunakan anti virus yang terbaik untuk mencegah dan membunuh virus yang masuk ke harddisk. jangan lupa juga, jangan terlalu sering mencabut pasang harddisk apalagi pada komputer yang berbeda. hal ini dapat merusak konektor pada kabel USB harddisk karena terlalu sering terjadi gesekan terhadap tembaga yang dapat membuat kepala konektor menipis.

6. Jangan Terbanting atau Terjatuh
Harddisk merupakan benda elektronik yang sangat rentan terkena benturan karena memiliki komponen mekanik di dalamnya. saat terjadi benturan keras pastinya dapat menggangu komponen tersebut. 
 

0 Response to "Cara Merawat Harddisk Eksternal Agar Tetap Awet"